Sunday, February 26, 2012

4. SIMPLE PRESENT TENSE (PASSIVE)

    Oleh : Drs. Tony Sartono Asmara

Selain kalimat verbal jenis Continuous, jenis kalimat verbal lainnya yang harus menggunakan to be adalah kalimat pasif (Passive Voice). Di dalam bahasa Indonesia kalimat pasif diawali dengan awalan “di…”

Kalau kita ingin mengatakan “Mobilmu dicuci oleh kamu setiap pagi”, maka kata kerja “dicuci” harus diterangkan dengan menggunakan bentuk kata kerja Pasif. Bentuk kata kerja pasif yang akan dibahas sekarang adalah bentuk kata kerja pasif yang menerangkan kegiatan sehari-hari (Simple Present Tense). Pola kata kerja dasarnya adalah :

                                                   To be + V3

Pelajarilah pola-pola kalimatnya berikut contoh-contohnya :

A. POSITIVE :                                                   POLA KALIMAT VERBAL

Bahasa Indonesia                                                 Bahasa Inggris 

   ….di …                                                          S + are, am, is + V3 + by O

Mobilmu di cuci oleh kamu setiap hari            Your car is washed by you every
                                                                         day
B. NEGATIVE

   ….tidak di …                                                 S + are, am, is + not +V3 + by O

Mobilmu tidak dicuci oleh kamu setiap            Your car is not washed by you
hari                                                                   every day

C. INTERROGATIVE

1. Apakah….. di …..?                                       Are, Am, Is + S + V3 + by O ?

   Apakah mobilmu dicuci olehmu setiap         Is your car washed by you every
   hari?                                                              day?

2. Apa yang di…?                                             What + is + V3 + by O ?

   Apa yang dicuci oleh mu setiap pagi?          What is washed by you every
                                                                         day?

3. Apa yang tidak di…?                                   What + is not + V3 + by O ?

    Apa yang tidak dicuci olehmu setiap          What is not washed by you every
    pagi?                                                            day?
 
4. Kata tanya selain WHAT/WHO                  QW + are,am, is + S +V3 + by O?

    Kapan mobilmu dicuci olehmu?                When is your car washed by you?
    Dimana mobilmu dicuci olehmu?             Where is your car washed by you?
    Mengapa mobilmu dicuci olehmu?            Why is your car washed by you?
    Berapa kali mobilmu dicuci olehmu?         How many time is your car
                                                                        washed by you?
LATIHAN

Salinlah kalimat-kalimat berikut ini dalam bahasa Inggris. Carilah kata-kata sukarnya di dalam kamus. Konsultasikan dengan guru bahasa Inggris kalian.

Translate the sentences into English

Task-1

  1. Kamar saya dibersihkan oleh saya setiap pagi
  2. Bunga-bunga itu disiram oleh ibu saya setiap pagi
  3. Rumput di kebun saya dipotong oleh tukang kebun
  4. Anak-anak diberi uang oleh ibu saya setiap hari
  5. Uang itu digunakan untuk membeli makanan dan minuman
  6. Murid-murid dibawa ke perpustakaan seminggu dua kali
  7. Kakak saya tidak diminta untuk datang kesini setiap hari
  8. Apakah buku-bukumu dipinjam dari perpustakaan?
  9. Kapan buku-buku itu dikembalikan ke perpustakaan?
  10. Siapa yang diizinkan untuk meminjam buku referensi?

Task-2

  1. Pakaian saya dicuci oleh pembantu saya
  2. Pembantu saya mencuci pakaian itu di pagi hari
  3. Ayah saya memperbaiki mobilnya di Jakarta
  4. Mobil itu diperbaiki oleh montirnya setahun sekali
  5. Apakah kamu mengecat mobilmu setiap tahun?
  6. Berapa kali mobilmu dicat dalam setahun?
  7. Mengapa mobilmu dicat di Jakarta?
  8. Siapa yang disuruh untuk mengecat mobilmu?
  9. Teman saya tidak mengecat mobil saya setiap tahun
  10. Teman saya tidak disuruh untuk mengecat mobil saya lagi

Task-3

Ayah saya ada di rumah sekarang. Dia sangat sibuk. Dia sedang mencuci mobilnya di depan rumah. Dia mencuci mobilnya jika mobil itu kotor sekali. Jika mobil itu tidak kotor, mobil itu tidak dicuci olehnya. Kadang-kadang mobil itu dicuci oleh saya jika ayah saya tidak punya cukup waktu. Jika ayah saya dan saya sibuk, pembantu saya mencuci mobil itu.  Kadang-kadang saya membantu ayah saya mencuci mobilnya jika saya tidak sibuk. Mobil itu diparkir di depan rumah karena ayah saya tidak mempunyai garasi untuk menyimpan mobilnya.

Mobil ayah saya bukan mobil baru. Mobil itu digunakan oleh ayah saya untuk pergi ke kantor. Dia mengendarai mobilnya dengan hati-hati. Jika mobil itu mogok, mobil itu diperbaiki oleh dia sendiri. Dia tidak menyuruh montir untuk memperbaiki mobilnya. Saya tidak diizinkan oleh ayah saya untuk menggunakan mobil itu karena saya tidak punya sim oleh karena itu saya pergi kemana-mana dengan kendaran umum.

No comments:

Post a Comment